Sabtu, 03 Maret 2012

Analisis Puisi “To the Muses”

Karya William Blake
       Dalam puisi ini Blake ingin menunjukan bahwa penyair pada zamannya harus merenung, seperti yang menjadi judul puisinya “To the Muses”, “untuk renungan”. Karena pada saat itu, para penyair kehilangan daya informasinya tentang perkembangan negara Inggris. Karya blake ini juga merupakan ejekan terhadap seorang chauvinis dan patriotis di Britannia yang memindahkan Sembilan Renungan Puitis ke kepulauan Inggris. Blake juga mengolok-olok gagasan bahwa puisi Inggris itu lebih hebat dari puisi-puisi lain yang ada di dunia.

        Terdapat dua kritikus yang memberikan pendapatnya tentang puisi ini, yang pertama berpendapat bahwa dalam baris 15, The languid strings do scarcely move, secara bahasa artinya, senar yang lemah hampir tidak bergerak sama sekali, namun secara makna itu bisa berarti hilangnya inspirasi dari para penyair. Kemudian yang kedua, dalam baris ke 16 puisi Blake, menyiratkan bahwa para penyair pada zaman itu tidak menginspirasi rohani para pembaca puisi mereka.

       Ida dalam baris pertama puisi Blake ini, merupakan gunung Ida yang merupakan referensi ke Yunani Klasik, di mana pertama kalinya ke-sembilan renungan yang menjadi sumber puitis untuk puisi para penyair pada zaman itu diperkenalkan. Kemudian pada baris kedua terdapat kalimat “chamber of the east”, itu merupakan kiasan untuk puisi Ibrani yang seharusnya menjadi tangkai kembalinya puisi dulu, jauh jauh hari sebelum Iggris sekarang. Kemudian pada baris ke-empat menjadi penjelas pendapat Blake bahwa Inspirasi-inspirasi puitis telah hilang atau terhenti.

        Singkatnya, Blake mencantumkan, laut, gunung, surga, dan langit dalam puisinya adalah untuk menggambarkan ke-sembilan “Peraturan Britannica”. Dan ia tidak setuju jika “Renungan” yang dibawa oleh orang-orang yang menjadi pelopor Peraturan Britannica itu ditempatkan di Inggris, karena itu bisa menciptakan penipuan puisi, seperti yang tersirat dalam baris “The sound is forced, the notes are few”.

2 komentar:

  1. blognya bagus gan, nie blog ttg puisi ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe .. iya shob .. berbicara tentang sastra ..
      makasih sudah berkunjung .. : )

      Hapus