Senin, 26 Agustus 2013

Kutipan Makna Sosial dalam Huckleberry Finn



Istilah pemaknaan

            Pada dasarnya makna selalu terdapat pada setiap karya sastra. “Aristoteles menyatakan bahawa unit terkecil yang bermakna atau the smallest significant unit of speech ialah perkataan”1. Memang ada beberapa makna yang tersirat dalam perkataan, atau pun percakapan, khususnya dalam novel yang saya bahas kali ini. Namun makna dalam karya sastra tidak selalu tersurat hingga tidak mudah di tangkap. Pada sebuah karya sastra baik berupa lisan maupun tulisan, selalu ada makna yang mesti dan bisa kita ambil di dalamnya. Terkadang pengarang/penulis ingin menyampaikan gagasan, pikiran, ide, amanat-amanat lewat karya yang di buatnya. Namun tidak semua gagasan atau pikirannya tersebut di tuang langsung secara gamblang oleh pengarang/penulis, maka dari itu di perlukan pemahaman lebih dalam untuk menggali pesan yang baik secara sengaja maupun tidak sengaja terdapat di dalam sebuah karya sastra. Sengaja atau tidak sengaja, mungkin beberapa orang bingung, bagaimana bisa ada pesan dan makna yang secara tidak sengaja tertera dalam sebuah karya sastra. Hal itu saya terapkan kepada setiap pembaca novel ini, bukan penulis, bahwa terkadang kita menemukan sebuah kalimat yang makna di dalamnya menyiratkan sesuatu hal yang tak terduga, atau ada makna lebih dalam dan khususnya makna sosial yang terdapat dalam novel ini yang berusaha saya gali dan bahas.


Galian makna sosial

            Setelah membaca novel ini, walau masih di chapter pertama, banyak sekali makna dan pesan yang tertera di dalamnya. Kutipan-kutipan di bawah ini merupakan kalimat atau percakapan yang di dalamnya terdapat makna yang bisa kita gali dan dapatkan.

In a barrel of odds and ends it is different; things get mixed up, and the juice kind of swaps around, and the things go better.

Sebelum kalimat di atas, Huck menceritakan makan malamnya bersama Ny. Douglas dan penghuni rumah lainnya. Ia menceritakan ketidaknyamanannya berada di rumah itu. Ia tidak menjadi manusia yang bebas. Pada kalimat di atas huck ingin menyampaikan segala sesuatunya mulai berjalan dengan baik (things go better) dengan perumpamaan-perumpamaan sebelum ia menyampaikan pesan itu, semuanya saling mengikat/bercampur (things get mixed up).


Pretty soon I wanted to smoke, and asked the widow to let me. But she wouldn't.

Kalimat yang satu ini memiliki makna lebih dalam menurut saya. Huck yang seperti kita ketahui merupakan seorang anak-anak sudah terbiasa merokok. Namun pada saat itu tentu ia tidak di perbolehkan selama berada di rumah Ny. Douglas. Makna yang saya ambil, Huck seorang anak yang terbiasa merokok, merupakan anak dari yang memang berasal dari kalangan bawah, seorang budak, hal itu tidak di lakukan anak-anak lain yang berbeda status sosialnya. Maka dari itulah Ny. Douglas tidak memperbolehkannya merokok di rumahnya.
They get down on a thing when they don't know nothing about it.

Merupakan kalimat yang bermakna indah dan mesti kita ambil. Itulah salah satu kelebihan karya sastra di mana di dalamnya terdapat makna-makna yang di sisipkan untuk di jadikan pelajaran. Kalimat di atas merupakan lanjutan dari pernyataan Huck yang ingin merokok, namun Ny. Douglas tidak memperbolehkannya. Ia menyimpulkan bahwa orang selalu menganggap segala sesuatu buruk  ketika mereka tidak tahu apa-apa tentang sesuatu hal itu.


Don't gap and stretch like that, Huckleberry -- why don't you try to behave?

Perbedaan status sosial semakin terlihat pada kalimat di atas. Adanya tekanan terhadap Huck untuk bersikap sopan santun, memiliki tatkrama, Huck belum terbiasa dengan hal itu. Ia ingin bebas. Makna kebebasan ini sangat di idamkan oleh seorang budak. Huck sangat tidak nyaman berada di rumah itu.


Then she told me all about the bad place, and I said I wished I was there. She got mad then, but I didn't mean no harm

Kalimat ini merupakan kalimat kelanjutan di atas. Ny. Douglas mulai marah karena Huck membantah. Ny. Douglas menyebutkan tempat-tempat yang buruk dan tidak pantas untuk kalangannya, tapi Huck lebih berharap berada di sana. Tanpa kekangan, tentu saja Huck mengingikannya walaupun kata orang-orang tempat itu sangatlah buruk. Salah satu inti kebebasan dan tumpang tindihnya kehidupan sosial yang di alami Huck.


Makna dari makna

            Penganalisaan yang hanya di chapter pertama ini sengaja di lakukan untuk melihat dan meyakinkan ada unsur-unsur sosial yang terdapat dalam novel ini. Dengan begitu sejak chapter pertama sudah terlihat unsur sosial seperti slavery memang ada.  Unsur slavery atau perbudakan ini bisa terlihat dengan adanya keberontakan jiwa Huck yang ingin bebas, merasa tak nyaman berada di rumah Ny. Douglas. Itu juga untuk meyakinkan jenis novel picaresque yang memiliki unsur sosial. Seperti di katakan chandler & schwartz bahwa Usually the pícaro is of the lower classes2. Di mana lower classes merupakan makna untuk tokoh-tokoh yang berasal dari kelas sosial yang rendah.






Daftar Pustaka



Tidak ada komentar:

Posting Komentar