Selasa, 20 Maret 2012

Ringkasan dan Analisis "Hills Like White Elephant"


Ringkasan dan Analisis

       Cerita ini berlatarkan di sebuah stasiun kereta api di lembah Sungai Ebro, Spanyol. Hari itu bercuacakan kering dan panas yang membakar dan pemandangan di lembah itu sangat gersang dan kebanyakan pemandangannya tidak bagus. Karakter utamanya ada yang satu seorang pria (hanya disebut sebagai "American/orang Amerika") dan teman wanitanya, yang di panggil Jig.“

     Sambil menunggu kereta mereka yang akan menuju Madrid, kedua orang itu meminum minuman keras yang disebut Anis del Toro. Percakapan mereka pada awalnya biasa-biasa saja, tapi tiba-tiba si laki-laki membahas tentang operasi dan berusaha meyakinkan Jig untuk menjalaninya. Meskipun tidak pernah tertulis secara eksplisit dalam teks, namun dapat terlihat dalam dialog "It's just to let the air in" dan "But I don't want anybody but you," menekan kan si laki-laki hanya ingin wanita itu seorang sehingga operasi yang dimaksud adalah aborsi.”

      Kemudian dalam beberapa dialog si perempuan akhirnya menyiratkan untuk setuju namun si laki-laki merasa Jig tidak akan siap secara mental/meragukannya. Tersirat dalam dialog dibawah ini:
'I don't care about me.'
'I don't want you to do it if you feel that way.'
 
     Kemudian wanita pelayan bar keluar dan memberikan lagi dua gelas Bir, dan memberitahukan bahwa kereta mereka akan datang lima menit lagi. Dan di akhir cerita si laki-lai membawa tas nya ke sisi lain dekat kereta tapi ia lihat banyak orang yang masih menunggu dan kereta sama sekali belum terlihat akhirnya dia kembali ke mejanya dan bergabung lagi dengan jig.

Symbols

       White elephant merupakan simbol seorang bayi. Dalam cerita ini si laki-laki tidak ingin memiliki bayi karena hanya akan menambah pengeluaran biaya sedangkan Jig ingin memilikinya dan merawatnya dari pada terus-terusan menjelajah/bepergian tapi tak ada artinya.


 by: Moch Zaenal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar