Sabtu, 03 Maret 2012

Summary and Analysis; The Most Dangerous Game

Summary

              Cerpen ini merupakan karangan Richard Connell di terbitkan tanggal 19 Januari 1924 di Majalah Amerika Collier, bercerita tentang seorang pemburu bernama Rainsford, bahkan bisa dibilang ahli berburu. Ia dibilang ahli karena diceritakan ia pernah berburu ke berbagai tempat bahkan sudah membuat buku. Suatu saat ia sedang berlayar di laut Carribean, ia melihat sebuah pulau dan menanyakan pada teman seperjalanannya tentang pulau tersebut. Orang-orang terdahulu menamai pulau tersebut dengan “Ship Trap Island” karena pulau tersebut memiliki mitos dan reputasi yang buruk. Di katakan pulau tersebut memiliki iblis di dalamnya. Tak lama malam tiba, gelap sekali di sekitar, hampir tak terlihat apa pun, Rainsford hendak tidur namun tiba-tiba ia mendengar suara letupan senjata berasal dari arah kanan kapalnya. Ia hendak menelisik dalam kegelapan mungkin ia bisa melihat sesuatu, namun kemudian tak sengaja ia jatuh dari kapalnya, dia berusaha berteriak namun air laut terlalu dingin dan kibasan baling-baling kapal membuatnya sedikit tenggelam, akhirnya ia tertinggal kapal. Dalam kegelapan ia berusaha berenang mencoba menemukan daratan.

           Akhirnya ia terdampar di sebuah batu bahkan sebelum ia bisa melihatnya karena benar-benar gelap disekitar. Ia menelusuri pulau tersebut menemukan beberapa bekas perburuan dan sampai akhirnya ia menemukan sebuah bangunan. Ia bertemu dua orang bercirikan rusia, namun saya perkirakan bukan dari Rusia tapi masih daerah Uni Soviet dahulunya. Mereka juga merupakan para pemburu, yang satu bernama Jenderal Zarrof dan temannya Ivan. Zarrof menerima tamunya dengan baik, ia sudah mengenal Rainsford karena ia sudah membaca bukunya tentang perburuan. Zarrof bercerita banyak sola berburu, sampai pada titik tertentu dia bercerita sudah banyak hewan yang ia taklukan, ia sudah tidak tertantang lagi berburu hewan, “It must have courage, cunning, and, above all, it must be able to reason” ia ingin sesuatu yang di burunya memiliki keberanian, cerdik, dan mempunyai logika. Rainsfor akhirnya menangkap apa yang disampaikan Zarrof, bahwa yang ia buru adalah Manusia. Itu merupakan pulau yang dibelinya, ia memiliki beberapa aturan ketika ada manusia datang di pulau tersebut. Seseorang boleh keluar dari pulau tersebut dengan dua pilihan, ia akan diburu oleh Zarrof selama tiga hari, ia diberi start lebih dahulu. Syarat lain Ivan, yang digambarkan dalam cerita tersebut tinggi besar dan menyeramkan, yang menentukan apa yang akan menjadi syarat lain orang itu keluar dari pulau tersebut, dengan kata lain Ivan akan membereskannya. Akhirnya tidak ada pilihan lain, Rainsford memilih untuk diburu oleh Zarrof, ia akhirnya memenangkan perburuan tersebut, dan tanpa sepengetahuan Zarrof ia sampai kembali di markas Zarrof, dan Zarrof mengakui kemenangan Rainsford. Di akhir cerita mereka memutuskan untuk berkelahi menentukan siapa pemenang sesungguhnya.

Analysis

       Tema cerpen ini merupakan “Keserakahan” dilihat dari karakter Zarrof dimana ia menginginkan dan menginginkan game yang lebih menantang lebih membahayakan lagi. Tema dan jalan cerita sepertinya berkesinambungan dimana Rainsford yang seorang pemburu akhirnya diburu juga oleh Zarrof. Menandakan akan selalu ada yang lebih dan lebih bisa melakukan sesuatu apapun didunia ini. Bahkan perburuan yang tadinya dilakukan oleh manusia terhadap hewan disini diceritakan seorang manusia yang juga memburu manusia.
Plot atau alur cerita merupakan alur maju. Tidak ada dalam cerita pandangan atau kejadian yang sudah terjadi sebelumnya atau kembali kebelakang.

1 komentar:

  1. Thanks for postig your summary. Here's my analysis on the story.
    https://www.weedutap.com/2019/10/i-hunt-men-therefore-i-am-invitation-to.html

    BalasHapus